Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPv4

 


IPv4 adalah singkatan dari "Internet Protocol version 4" dan merupakan protokol yang saat ini paling umum digunakan untuk mengalokasikan alamat jaringan dan perangkat di internet. IPv4 menggunakan 32-bit address yang disebut alamat IP untuk mengidentifikasi dan menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan.


Sebagai contoh, alamat IPv4 terdiri dari empat oktet (blok 8-bit) yang dipisahkan oleh tanda titik, dan setiap oktet direpresentasikan dalam notasi desimal. Contoh alamat IPv4 adalah 192.168.0.1 atau 172.16.254.20. Setiap perangkat yang terhubung ke internet diberikan alamat IP unik yang memungkinkannya berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan.


Namun, karena jumlah alamat IPv4 yang tersedia terbatas, peningkatan pesat jumlah perangkat yang terhubung ke internet menyebabkan habisnya alamat IPv4. Oleh karena itu, telah dikembangkan protokol baru, yaitu IPv6 (Internet Protocol version 6), yang menggunakan alamat 128-bit dan menyediakan lebih banyak alamat untuk memenuhi kebutuhan perangkat-perangkat terhubung saat ini dan masa depan.

Posting Komentar untuk "IPv4"